Tips Membeli Properti Perumahan di Medan

Published on Selasa, 28 Februari 2017

Setelah Jakarta dan Surabaya, Medan kini menjadi kota metropolitan terbesar di Indonesia. Tidak heran, dengan luas area sekitar 265.10 km2 dan jumlah penduduk 2.2 juta jiwa, kota ini memiliki tingkat animo yang tinggi untuk dijadikan hunian.

Banyak faktor yang menjadikan ibu kota Sumatera Utara ini menjadi pilihan tinggal favorit, salah satunya karena Medan merupakan rumah bagi berbagai perusahaan dan pabrik besar yang memiliki jutaan karyawan.

Sama seperti membeli rumah di kota lainnya, membeli rumah di Medan juga harus memperhatikan kriteria-kriteria yang ada.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda perhatikan saat ingin membeli properti di Medan

1. Bebas Banjir

Kalimat “bebas banjir” seolah menjadi kalimat wajib yang ada di setiap brosur rumah dijual di Medan. Banjir merupakan salah satu bencana tahunan yang sering melanda beberapa daerah di Medan. Karena itulah banyak orang yang berburu rumah-rumah di perumahan atau daerah bebas banjir. Selain berlokasi di dataran tinggi, sebagai pembeli kita juga harus mempertimbangkan kedekatan lokasi rumah tersebut dengan sungai dan seberapa baik sistem drainasenya.

2. Pilih Lokasi yang Strategis, Aman, dan Nyaman
Lokasi merupakan hal paling penting yang harus dipertimbangkan saat membeli rumah. Pilihlah rumah yang lokasinya tidak jauh dari tempat Anda bekerja atau memiliki akses transportasi yang mudah. Jangan hanya memilih rumah yang murah tapi lokasinya di daerah terpencil. Selain itu, faktor keamanan juga merupakan poin paling penting lain yang dicari dari sebuah rumah. Pastikan lokasi yang Anda pilih aman dan tidak rawan kejahatan. Jika Anda memilih perumahan, pastikan sistem keamanan yang ditawarkan pihak pengembang bagus dan canggih. Jika Anda penyuka kenyamanan, pilih lokasi yang jauh dari rel kereta api, jalan raya, jalan tol, atau terminal yang notabene senantiasa ramai dan bising. Bagaimanapun rumah merupakan tempat untuk kita beristirahat, jangan sampai kita merasa tidak nyaman di rumah kita sendiri.

3. Lihat Tetangga Sekitar
Tetangga merupakan salah satu hal yang harus dipertimbangkan saat membeli rumah. Sebenarnya, jika tetangga kelak adalah anak indekos, pasangan muda, orang tua, atau keluarga besar tidak masalah, selama mereka mau bertenggang rasa dengan orang-orang di sekitar. Jika Anda memiliki anak, tidak ada salahnya memilih sebuah rumah dengan tetangga yang juga memiliki anak. Agar anak Anda bisa memiliki teman sebaya sekaligus melatih kemampuan sosialisasinya.

4. Cari Properti dengan Harga yang Tepat
Membeli rumah dengan harga yang murah merupakan keinginan setiap orang. Tetapi tidak semua rumah murah dapat mengakomodasi kebutuhan kita. Carilah rumah yang harganya sesuai dengan lokasi dan sistem keamanan yang ditawarkan.

5. Cek Kelengkapan Surat Properti
Belakangan banyak pengembang ditemukan tidak mengantongi surat IMB dari pemerintah kota Medan saat membangun perumahan mereka. Jangan anggap sepele masalah ini, karena suatu saat ketidaklengkapan surat malah akan membuat Anda mengeluarkan biaya beberapa kali lebih mahal daripada biaya yang kita keluarkan saat membeli rumah dan properti.

Salah satu pengembang besar yang ikut meramaikan pasar properti di Medan adalah Ciputra Group yang membangun Citraland Bagya City.

Dengan luas pembangunan terbesar di kota Medan, yakni seluas 211 ha, Citraland Bagya City terintegrasi dengan perumahan, perkantoran, area komersil, area CBD, mal, hotel, apartemen, sekolah, universitas, rumah sakit, water park, serta kawasan hijau dan danau seluas 11 ha.

Hunian eksklusif bertaraf internasional ini akan berbasis ekonomi kreatif yang entrepreneurial, serta membentuk komunitas masyarakat yang berbudaya dengan standar kehidupan